Lost Love in Semarang – Sportourism.id



SPORTOURISM – Happy Holiday semua! Seperti rasa yang selalu sama. Rindu ini mengantarkanku ke kota yang penuh cinta. Semarang. Aku akan berpetualang 1 hari penuh. Menikmati keindahan, objek wisata, juga fasilitas umum yang disediakan di sana. Dengan atmosfer yang sangat berbeda tentunya.

Sekitar jam 7 pagi, kereta api telah membawa ku pergi dari Stasiun Tegal. Lalu 2 setengah jam kemudian akhirnya aku sampai di kota tujuan. Stasiun tampak ramai seperti biasa. Dan pemandangan Kota Semarang amat berbeda.

Semua bangunan tampak besar, dengan gedung-gedung bertingkat yang mengesankan. Beberapa dari mereka mencuri perhatian, seperti Paragon Plaza, Gedung Balaikota, juga gedung yang menjadi ikon Semarang tentunya. Yap! Lawang Sewu jawabannya.

Lawang sewu yang dalam bahasa indonesia berarti 1000 pintu ini tak semenyeramkan yang ada dalam film horor loh. Gedung tua itu tampak menarik, dengan ornamen-ornamen dan kaca patri yang kental dengan budaya belanda.

Benar saja, sebelum menjadi objek wisata terkenal seperti sekarang, lawang sewu merupakan kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij yang di bangun pada tahun 1904. Selain berekreasi, di lawang sewu kita dapat mempelajari sejarah kereta api. Juga melihat miniatur lokomotif, dan gerbong yang ada disana.

Hal yang paling menarik adalah, sejarah kereta api juga disajikan dalam bentuk video yang dapat dinikmati oleh semua pengunjung. Oh ya! Jika kalian berada di sana, jangan lupa mampir ke Tugu Muda yang sangat mengesankan. Tugu yang dibangun pada 1951 ini, dibuat untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam pertempuran 5 hari di Semarang.

Klenteng Sam Poo Kong, Semarang

Tugu Muda berbentuk seperti lilin, dengan kolam hias, dan taman di sekelilingnya. 5 pohon cemara di area taman, menggambarkan bambu runcing yang di pakai para pejuang untuk melawan kolonial. Saat aku ke sana, beberapa anak tengah berenang di dalam kolam. Juga air mancur yang menyembur dari dalam kolam membuat suasana makin menyenangkan.

2,6 Km dari sana, kami naik mobil pribadi menuju Klenteng Sam Poo Kong. Di sana, rona merah terlihat sejauh mata memandang. Atap-atap runcing tampak apik dengan ukiran serta pilar besar yang jadi penopang. Tak lupa, tanaman hijau juga beberapa pohon besar berpadu apik di tengah warna merah yang menyebar.

Oh ya bangunan utama klenteng ini, merupakan sebuah goa batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya ketika mengunjungi Pulau Jawa, pada tahun 1400-an. Karena itu, tak heran ada sebuah patung Laksamana Cheng Ho yang amat besar berdiri dengan kokoh di bagian belakang.

Dan, yang perlu kalian ketahui adalah, laksamana Cheng Ho merupakan seorang pemeluk islam. Awalnya bangunan yang sekarang dikenal sebagai klenteng ini, merupakan sebuah masjid yang di bangun oleh Laksamana Cheng Ho pada awal pendaratannya di semarang. Oleh karena itu, bangunan bersejarah ini menyimpan unsur islam dalam kental budaya tiongkoknya.

Ada satu tempat lagi yang wajib di kunjungi saat kita datang ke kota ini. Pasar Johar. Pasar yang pada tahun 1955 dianggap sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara ini, menjadi destinasi yang paling banyak di kunjungi. Selain komoditas perdagangan yang banyak dan lengkap, harga yang relatif murah juga menarik banyaknya wisatawan yang datang. Selain itu, pasar johar memiliki letak yang strategis juga dekat dengan masjid.

Menurut sejarah, bangunan pasar johar dirancang oleh arsitektur Belanda pada tahun 1933. Dengan mempertimbangkan iklim dan kebiasaan rakyat semarang bangunan ini tidak hanya megah dan indah, tetapi juga nyaman dan memenuhi aspek fungsional. Sayangnya, pada tanggal 27 Februari 2016 terjadi kebakaran besar yang menghanguskan seluruh bangunan pasar. Sampai sekarang, sebagian pedagang telah direlokasi ke pasar johar baru.

Oh ya! Buat kalian yang mau puas jalan-jalan dengan bujet pas-pasan, tenang aja. Kota Semarang menyediakan Bus BRT yang nyaman dengan tarif murah meriah. Sekali perjalanan, kamu hanya dikenai biaya Rp 3500/orang dan bagi pelajar Rp 1000/ orang. Masalah penginapan, aku juga punya rekomendasi tempat yang murah dan nyaman.

Layur Hostel di kawasan kota tua bisa menjadi pilihan. Tarif yang dikenakan Rp 75000/ kamar yang bisa diisi 2 orang. Walau murah, tempat ini sangat nyaman. Di sana terdapat fasilitas berupa kamar yang bersih dan rapi, AC, kamar mandi yang luas, nakas, juga handuk dan peralatan mandi. Jaraknya juga cukup dekat dengan stasiun.

Hari berlalu, tanpa ku rasa. Petualangan ku, di Semarang harus berakhir juga. Tak masalah. Rindu ku terbalaskan, dengan pengalaman menarik di kota Semarang. Untuk kalian, jangan pernah takut bepergian. Uang yang kalian keluarkan, sebanding dengan pengalaman yang kalian dapat. Jadi impaskan?

Penulis         : Mellinawati Zania

Fb               : MellinaZania

IG               :Mellina_Zania



Source link

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: Kabar Daerah

DON'T MISS

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format