Disbudpar Kota Semarang Bersama Tribun Jateng Gelar Pentas Seni di Taman Kasmaran



Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Zainal Arifin

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang bekerjasama dengan Tribun Jateng menggelar pentas seni di area parkir Taman Kasmaran, Kelurahan Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Rabu (14/2/2018).

Pentas seni tersebut diisi dengan pentas tari dan menyanyi yang diiringi musik akustik yang dilakukan oleh warga Kelurahan Randusari. Tak ayal, pentas seni itu pun disambut meriah warga yang tinggal di Kampung Pelangi Kota Semarang.

Satu di antaranya Amanda P (30) yang juga warga setempat. Ia baru kali ini menyaksikan pentas seni digelar di daerah tersebut sehingga menjadikan area Taman Kasmaran ramai.

“Acaranya seru. Semoga acara seperti ini rutin digelar agar tempat ini bisa ramai,” kata Amanda kepada Tribun Jateng.

Dengan demikian, maka Taman Kasmaran yang merupakan bagian dari destinasi wisata Kampung Pelangi semakin dikenal banyak orang. Sehingga, banyak warga yang berkunjung ke Taman Kasmaran dan Kampung Pelangi.

Dalam kesempatan tersebut, Kasi Pembinaan Kesenian Disbudpar Kota Semarang, Sarosa mengatakan, dengan adanya pentas seni ini maka memberikan ruang kepada warga untuk berkreasi. Selain itu juga untuk melestarikan kesenian tari yang menjadi budaya lokal.

“Paling tidak, bisa memajukan kesenian sehingga dikenal masyarakat luas. Khususnya di kalangan anak muda. Sehingga mereka bisa ikut belajar dan memiliki kesenian ini,” kata Sarosa.

Pentas ini merupakan kali pertama di gelar di destinasi wisata di Kota Semarang. Hal itu sesuai arahan dari Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, agar Disbudpar menggelar dan memperbanyak event di tempat wisata.

Sehingga, event tersebut sekaligus mengenalkan destinasi wisata yang ada. Disamping itu, juga untuk mengangkat destinasi wisata agar semakin ramai pengunjung.

“Dengan begitu, maka lokasi wisata itu semakin dikenal dan ramai pengunjung. Dampaknya perekonomian masyarakat bisa meningkat,” paparnya.

Rencananya, event seperti ini akan digelar kembali dengan mengangkat potensi lain yang ada di masyarakat. Semisal potensi budaya atau kesenian lain yang ada di masyarakat tersebut.

Penanggungjawab event dari Tribun Jateng, Muhammad Husain Naharuddin menuturkan, gelar seni Taman Kasmaran itu, selain diisi dengan pentas seni tari oleh warga Randusari juga ada dari beberapa komunitas.

Berbagai tarian dari warga memeriahkan pentas tersebut. Di antaranya tari ngoser, gelang rum, miyang, gado-gado, lenggang nyai, sesonderan dan lainnya.

“Komunitas yang ikut meramaikan acara di antaranya komunitas mobil semarang dan juga komunitas zumba,” tambah Nahar. (*)



Source link

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: Kabar Daerah

DON'T MISS

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format