Agar Terhindar Kriminalitas, Pelajar Harus Selektif Pilih Teman dan Bergaul



DEPOK – Ratusan pelajar sekolah menengah pertama negeri (SMPN) 2 Depok diminta berhati-hati dan selektif dalam berteman maupun bergaul agar tidak terjerumus dalam masalah hukum.

Mereka juga diminta menghindari  kumpul bareng, nongkrong, bermain sosmed (sosial media), minuman keras hingga tindak kejahatan lainnya yang semakin rawan terjadi.

“Cari kawan dan teman harus selektif serta jangan mudah terpengaruh maupun terjerumus dalam berbagai kegiatan yang negatif,  agar tidak merugikan diri sendiri, keluarga, teman maupun masyarakat lainnya yang dapat berujung ke meja hijau atau jalur hukum,” kata Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejaksaan Negeri (Kajari) Depok Kosasih didampingi Jaksa Fungsional Hasudungan Parlindungan dan Henny Harjaningsih saat memberikan penyuluhan kepada ratusan siswa SMPN 2 Depok dalam Jaksa Masuk Sekolah (JMS), Rabu (14/2/2018).

Kondisi sekarang yang semakin maju dengan teknologi canggih,  berbagai kegiatan negatif tentunya mudah disampaikan melalui media sosmed sehingga siswa atau pelajar harus dapat memilah mana yang baik dan mana yang salah agar tidak terjerumus dalam kegiatan tindak kriminalitas maupun lainnya yang berujung ke jalur hukum.

Menurut dia, banyak contoh belakangan hanya persoalan kecil atau sepele melalui sosmed berakhir ke meja hijau atau pengadilan yang tentunya akan merugikan diri sendiri, keluarga, teman dan lainnya.

“Tugas pelajar adalah belajar jadi hindari kumpul-kumpul, nongkrong dan lainnya yang tidak bermanfaat terlebih minum-minuman keras, narkoba serta tindak kejahatan atau kriminalitas lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Jaksa Fungsionaris Hasudungan Parlindungan, berharap pelajar di SMPN 2 Depok sebagai sekolah unggulan di Kota Depok diharapkan rajin belajar untuk meriah cita-cita yang lebih tinggi untuk masa depan bangsa.

“Siapa tau adik-adik siswa lulusan SMPN 2 Depok ini bisa jadi Jaksa Agung, Menteri Kehakiman atau lainnya mengantikan generasi sekarang ini,” kata Hasudungan yang didampingi Kepsek SMPN 2 Depok Purnomo dan Kepala Bagian (Kabag) Hukum Pemkot Depok, Linda Ratna.

Sedangkan Kepsek SMPN 2 Ddepok, Purnomo, mengatakan sangat mendukung dan setuju dengan kegiatan tim penyuluhan hukum JMS Kajari Depok dalam upaya memberikan pemahaman, pengertian serta lainnya berkaitan dengan tugas, fungsi serta kewajiban kejaksaaan kepada siswa dan siswi.

“Kegiatan ini  sangat bermanfaat dan bisa menambah ilmu serta pengetahuan terhadap masalah hukum,” katanya. (anton/tri)



Source link

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: Kriminal

DON'T MISS

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format