ABU Tours Ingkar Janji Rilis Keberangkatan Jemaah Umroh



Kemenag Kecewa, Polda Siapkan Posko Pengaduan

PALEMBANG, PE – Janji Management ABU Tours akan mengeluarkan jadwal keberangkatan jemaah umroh, terutama asal Sumatera Selatan (Sumsel), yang menggunakan jasa mereka di Kamis (8/2) kemarin ternyata hanya hisapan jempol belaka. Hingga tadi malam, tak ada satupun pihak ABU Tours yang dapat dikonfirmasi.

Hal ini kontan membuat kecewa jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Sumsel. Pasalnya janji ABU Tours tersebut diutarakan langsung kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel, HM Alfajri Zabidi bersama jajarannya dan sejumlah awak media dalam pertemuan di Kantor Kanwil Kemenag Sumsel, Senin (5/2) kemarin.

“Yang jelas Pak Kakanwil dan kita jajaran Kemenag Sumsel kecewa, semua nomor kontak pihak ABU Tours (Pak Akbar dan Pak Ridwan) selaku penanggung jawab ABU Tours di Palembang tidak aktif,” ungkap Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel, HM Alfajri Zabidi melalui Kasubbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel, H Saefudin Latief, tadi malam.

Lebih lanjut imbuh Saefudin, Kemenag Sumsel mempersilakan kepada para jamaah yang merasa dirugikan untuk melapor ke pihak kepolisian. Kemenag Sumsel juga kata dia, siap melakukan pendampingan dan posko layanan terkait ABU Tours.

“Kemaren Kanwil Kemenag juga didatangi para pengacara Sumsel yang siap mendampingi jamaah atas kasus ABU Tours ini. Masalah ABU Tours sudah jadi masalah nasional karena itu segala bentuk penyelesaian kita menunggu dan sejalan dengn kebijakan yang diambil oleh Kemenag pusat. Di samping itu, sebagai langkah selanjutnya, akan mengajukan usulan ke Kemenag pusat agar izin operasional ABU Tours dicabut,” tukas Saefudin.

Terpisah, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara mengatakan, pihaknya segera menyiapkan posko pengaduan dan pelaporan khusus bagi para jemaah yang merasa ditelantarkan oleh pihak biro perjalanan, terutama kasus ABU Tours yang saat ini tengah memanas.

“Memang saat ini di Polda Sumsel ataupun wilayah di dalamnya belum ada yang melapor ataupun memberikan pengaduan. Tapi kita akan segera buka posko pengaduan jika memang nantinya diprediksi jumlah jemaah yang merasa dirugikan cukup banyak,” ujar Zulkarnain.

Sementara ini, pihaknya bersama Polres lain yang ada di Sumsel mempersilahkan apabila ada jemaah yang ingin mengadukan terkait hal ini kepada kepolisian. Jika ada laporan, tentunya akan segera ditanggapi dan ditindaklanjuti.

“Kami sarankan mereka untuk segera melapor ke kepolisian terdekat. Walau sampai saat ini belum ada, kami masih terbuka lebar jika ada yang dirugikan baik oleh ABU Tours atau biro perjalanan umroh lain,” kata Zulkarnain.

Diberitakan sebelumnya, Senin (5/2), Kanwil Kemenag Provinsi Sumsel telah memanggil pihak penyelenggara perjalanan umroh ABU Tours untuk meminta keterangan terkait ditundanya 1.660 jemaah berangkat umroh yang dijadwalkan pada Januari lalu.

Dalam panggilan tersebut hanya dihadiri oleh staf ABU Tours pusat, Akbar Asban, sementara Kepala cabang Abu Tours Palembang, Ridwan tidak hadir dikarenakan sakit.

Kepada media, Kepala Kanwil Kemenag Sumsel, HM Alfajri Zabidi menyampaikan, pemanggilan pihak Abu Tour ini untuk menanyakan kepastian keberangkatan jemaah umroh asal Sumsel yang hingga saat ini belum juga diberangkatkan.

“Dari total 7.523 jemaah umroh asal Sumsel yang akan diberangkatkan dari Januari-Mei tahun ini, tercatat ada 1.660 jemaah umroh asal Sumsel yang seharusnya berangkat pada Januari lalu, dan sampai sekarang belum ada kepastian kapan akan diberangkatkan, sementara sisanya yang dijadwalkan akan berangkat di bulan berikutnya hingga Ramadhan (bertepatan Mei) juga dikhawatirkan akan berpengaruh,” ungkap Alfajri usai pertemuan dengan pihak Abu Tour di Kanwil Kemenag, Senin (5/2).

Sementara itu, staf ABU Tours pusat, Akbar Asban menerangkan jika yang terjadi pada jemaah umroh ABU Tours ini bukan pembatalan keberangkatan hanya saja reschedulle atau pemunduran jadwal keberangkatan jemaah,” ungkap Akbar, staf ABU Tours pusat.

Pihaknya memastikan jika jemaah akan segera berangkat dalam waktu dekat atau di Februari ini. “Untuk jemaah yang keberangkatannya diundur ke bulan Februari, kami informasikan bahwa 8 Februari mendatang, kami akan mengeluarkan jadwal keberangkatan jemaah umroh,” ungkap Akbar.

Hanya saja tidak semua jemaah yang mengalami penundaan dapat berangkat di bulan ini. “Karena kita punya 24 cabang di Indonesia, dan akan diberangkatkan bersamaan, sehingga tidak semua jemaah yang mengalami penundaan dapat diberangkatkan di Februari. Untuk kepastian kapan diberangkatkan semuanya akan diumumkan pada 8 Februari tersebut,” terangnya.

Dia mengungkapkan, alasan penundaan keberangkatan jemaah umroh ABU Tours ini dikarenakan kenaikan pajak yang ditetapkan Arab Saudi sebesar 5 persen. “Awalnya dari situ makanya dari beberapa jemaah ada yang membesar-besarkan, mungkin mereka panik nanti tidak diberangkatkan, namun kita sudah memberikan penjelasan kepada jemaah, dan pada 29 Januari lalu kita sudah diaudit oleh Kemenag RI,” sambungnya.

Terkait adanya penambahan biaya keberangkatan karena penundaan ini, diakui Akbar akan ada penambahan biaya, hanya saja untuk besarannya dirinya  mengaku tidak mengetahui.

“Semuanya akan diumumkan pada 8 Februari tersebut termasuk biaya tambahan, ataupun bagi jemaah yang tidak sanggup membayar tambahan biaya mekanismenya juga akan disampaikan pada pengumuman tersebut,” urainya termasuk juga refund bagi jemaah yang tidak jadi berangkat ke tanah suci.

Adapun jemaah umroh yang mengalami penundaan keberangkatan yakni jemaah yang mengikuti promo yang ditawarkan Abu Tour yakni Rp 16 juta dengan jadwal keberangkatan menunggu satu tahun. Namun untuk jemaah yang mendaftar dengan tarif reguler yakni Rp20-25 juta juga ada yang mengalami penundaan.

“Jumlahnya 50:50, untuk yang berangkat di Februari ini berdasarkan ketentuan dari data manifest pusat. Karena berkas jemaah kita serahkan ke pusat,” tandasnya. BET/JAN

 



Source link

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like

More From: Nasional

DON'T MISS

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format